Langkah Cara dan Syarat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Advertisement

Syarat Membayar Pajak – Baru pertama kali mau bayar pajak dan bingung caranya mebayar pajakan kendaraan bermotor ? tentunya kita ketahui bersama perkembangan teknologi otomotif yang kian tidak terkendali menuntut negara untuk menyediakan memfasilitasi dengan jalanan luas. Nah terciptanya jalanan tentunnya tidak lepas dari yang namanya pajak, apalagi dengan banyaknya kendaraan yang berlalulalang dijalanan, memastikan penerimaan negara berarti semakin besar.

Dan kita sebagai warna negara yang baik, dan guna mendukung pembangunan negri tercinta kita ini, khsusunya bagi anda yang memiliki kendaraan bermotor haruslah taat untuk membawayar pajak. Adapun besar kecilnya pajak disesuaikan dengan apa yang kita miliki, karena beda tahun pembuatan beda pula dengan pajak yang bakal kita bayarkan. Seperti perbedaan antara pajak kendaraan bermotor tahun 1991 pastinya akan berbeda dengan pajak untuk kendaraan di tahun 2017 ini sekalipun merek serta nama yang digunakan sama.

Kemudian perlu anda ketahui pula, kewajiban membayar pajak juga telah di atur oleh undang-undang Republik Indonesia No. 28 tahun 2009 yang mengatur tentang kewajiban membayar pajak (BPKP), di wajibkan setiap orang yang memiliki kedaraan bermotor maupun mobil dan lain sebagainya diharuskan untuk membayar pajak dalam kurun waktu 1 tahun sekali. Hanya saja adanya peraturan ini kurang di taati oleh sebagian orang dan sebagian lagi merasa malas serrta tidak tau akan cara serta syarat untuk membayarnya.

Advertisement

Padahal secara pembayaran, pada masa sekarang ini sangatlah mudah, alurnya juga tidak dipersulit oleh negara, karena pada dasarnya jika kendaraan bermotor yang anda memiliki dalam posisi lunas atau sudah memiliki BPKB plus STNK, anda tinggal manfaatkan saja samsat cepat, atau paling tidak mengetahui jadwat samsat keliling yang biasanya berjalan dengan putarran satu minggu sekali pada masing-masing daerah. Adapun mengenai Langkah-langkah Cara dan Syarat Membayar Pajak Kendaraan Motor dan Mobil, bisa anda cek langsung dibawah ini.

Cara dan Syarat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Syarat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Syarat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

1. Isi Form Permohonan

Pertama anda datang ke loket pendaftaran untuk mengambil form permohonan perpanjangan STNK, selanjutnya tinggal anda isi sesuai dengan data-data yang terdapat pada STNK dan BPKB. Ingat pada pengisian ini haruslah teliti, kemudian setelah di isi semua dengan lengkap, tinggal lampirkan berkat yang dibutuhkan, adapun berkas-berkas tersebut dapat anda cek berikut ini.

Syarat Perpanjang Pajak STNK Tahunan :
KTP Asli dan Fotocopy sesuai dengan nama pada STNK dan BPKB
STNK Asli dan Fotocopy
Fotocopy BPKB
Syarat Perpanjangan Pajak STNK 5 Tahunan :
KTP Asli dann Fotocopy sesuai dengan nama pada STNK dan BPKB
Cek Fisik Kendaraan Bermotor
STNK Asli dan Fotocopy
Fotocopy BPKB

Advertisement

2. Berkas Di serahkan

Apabila form telah di isi dengan data lengkap, dan berkas dipastikan tidak ada yang ketinggalan sesuai dengan apa yang kami sebutkan di atas, kini anda tinggal memasukan berkas ke loket khusus penyerahan berkas, yang biasanya tempatnya tidak berada jauh dari loket pendaftaran, atau bisa anda lihat sesuai dengan tulisan yang terdapat pada setiap loket agar tidak keliru.

3. Tunggu Slip Pembayaran Pajak

Selanjutnya nanti anda akan mendapatkan panggilan dari petugas, dan akan diberikan slip pembayaran pajak, dimana didalamnya tercantum jumlah atau nominal angka yang harus anda bayarkan, bila ada denda, akan langsung terlihat pada slip tersebut untuk terus anda bayarkan pada loket pembayaran.

4. Bayar Pajak Ke Kasir

Setelah dapatkan slip yang kami maksud pada kolom ketiga, sekarang anda tinggal lanjut ke kasir, paling tidak anda harus siap akan uang pas jika tidak mau menunggu terlalu lama saat menanti kembalian.

5. Mendapat Bukti Pelunasan Pajak

Kalau langkah 4 sudah anda lalui, kini tinggal anda dapatkan bukti pembayaran, untuk selanjutnya diteruskan guna mengambil STNK baru di loket berbeda (Loket Pengambilan STNK).

Oiya, apa yang kami jelaskan di atas merupakan tata cara pembayaran pajak 1 tahunan, sedangkan proses pembayaran pajak 5 tahunan caranya juga tidak berbeda jauh, hanya saja anda harus melakukan cek fisik kendaraan, dan disini petugas biasanya mewajibkan setiap kendaraan yang bakal di pajak harus memiliki perlengkapan standard kendaraan, seperti Spion, Knalpot Asli, dan Fairing Lengkap. Tapi hal itu terbilang relatif dimana daerah anda tinggal, karena bisa jadi kebijakan mengenai kelengkapan kendaran itu berbeda.

Baca juga: Tips dan Cara Merawat Mobil Baru

Namun yang jelas motor harus lengkap sesuai dengan saat pembelian jika tidak mau terkena masalah, kemudian setelah semua syarat membayar pajak telah anda lakukan seperti diatas, kini anda tinggal tunggu plat nomor baru, dan waktu pengambilan haruslah membawa STNK dan BPKB Asli. Bagaimana ? mudah dan tidak ribet kan cara bayar pajak kendaraan bermotor, jadi alangkah baiknya anda berangkat sendiri ketika membayarkan pajak, agar budaya percaloan bisa hilang. Demikian informas yang dapat kami berikan seputar Cara dan Syarat Membayar Pajak, semoga dapat membantuk ketika anda akan membayar pajak rutin tahunan.