Tips dan Cara Merawat Aki Motor Agar Lebih Awet

Advertisement

Tips dan Cara Merawat Aki Motor – Tidak hanya pada komponen pada sektor mesin saja yang menjadi bagian terpenting pada sebuah kendaraan. Salah satu bagian terpenting dari sebuah kendaraan adalah AKI, yah bagian yang menunjang kelistrikan ini memang terkadang luput dari perhatian, padahal bagian cukup penting pada sebuah kendaraan baik roda dua ataupun roda empat. Aki berfungsi untuk menghasilkan daya listrik untuk menunjang kinerja headlamp, lampu sein, stater mobil ataupun untuk menunjang beberap fitur hiburan di dalam sebuah kendaraan. Oleh karena itu aki perlu di rawat agar tidak mudah soak ataupun mati, dan berikut ini kami berbagi sedikit Tips dan Cara Merawat Aki Motor Agar Lebih Awet.

Seperti yang anda ketahui, aki di bagi menjadi dua bagian yakni Aki basah dan Aki kering. Perbedaan aki kering dan aki basah dilihat dari segi tampilannya sangat mencolok, aki yang basah mempunyai kotak bagian samping yang agak transparan, sehingga dapat melihat jumlah elektrolit yang berada di dalamnya. Aki yang basah juga dilengkapi dengan garis di lower lever dan upper level sebagai tanda dalam melakukan pengisian elektrolit baterai. Jadi ketika mengisi elektrolit baterai, di isi sampai gari upper lever atau minimal berada diantara lower lever dan upper level. Pada aki basah juga ada tutup sel yang umumnya jumlahnya ada 6 buah.

Tips dan Cara Merawat Aki Motor

Tips dan Cara Merawat Aki motor

Tips dan Cara Merawat Aki motor

1. Cek ketinggian air dan lakukan proser charging

Advertisement

Untuk menjaga keawetan aki motor, khusus untuk aki basah adalah anda harus memperhtikan ketinggian air akinya, kami menganjurkan untuk selalu mengeceknya ketinggian aki minimal satu bulan sekali, hal ini menjadi sangat penting demi menjaga supaya sel-sel pada aki basah tidak sampai habis pada level yang di tentukan, karena banyak pengguna sepeda motor luput memperhatikan hal kecil yang mempunyai pengaruh terhadap beberapa komponen pada sebeda motor. Selanjutnya tips dan cara merawat aki motor untuk aki yang kering adalah jika daya mulai melemah maka lakukanlah isi ulang ataupun charging selama 5 sampai 8 jam tergantung besar daya aki.

2. Nyalakan motor setiap hari minimal 15 menit 

Menjaga komponen kelistrikan pada sebuah kendaraan, anda perlu melakukan cara yang satu ini. Pada tips dan cara merawat aki motor yang kedua ini, proses yang sering kali di abaikan ini memang cukup penting. Selain menjaga kondisi mesin, proses ini juga juga menunjang beberapa fitur kendaraan yang berhubungan langsung dengan aki agar tetap dalam kondisi baik. Pemakaian aki dalam jangka panjang, memang berpengaruh pada kinerja aki. Sel-sel di dalam akiakan menjadi mati atau mengering, maka tips dan cara menjaga aki motor dengan cara menyalakan motor dalam waktu paling sedikit 15 menit ini cukup membantu menjaga kualitas dari kinerja akinya itu sendiri.

Advertisement

3.  Jangan membiasakan diri menggunakan elektrik stater

Proses memanaskan motorpun cukup mempengaruhi kondisi aki. Pada proses yang satu ini jangan biasakan mengawali proses menyalakan motor dengan menggunakan elektrik stater, karena jika sering di lakukan dengan proses ini maka aki akan cepat soak ataupun mati. Tips dan cara merawat aki motor memang sangat mudah keliatannya. Dan jika proses memanaskan telah selesai, usahak komponen atapun fitur yang berhubungan dengan kelisthrikan pada sebuah kendaraan dan usahakan dalam kondisi mati.

4. Cek kedua terminal Aki

Selanjutnya komponen yang tidak kalah penting ini masuk dalam cara keempat tips dan cara merawat aki motor berikutnya, memang tidak banyak yang menyadari bahwasanya bagian ini memang cukup vital, pasalnya jika di biarkan begitu saja bagian terminal aki akan mengerak putih, sehingga energi yang di salurkan pada tidak akan maksimal. Jika sampai muncul kerak putih maka terminal harus di bersihkan dari kerak terlebih dahulu.

5. Pastikan kondisi  kiprok motor 

Komponen selanjutnya adalah kiprok aki, kiprok sendiri berfungsi sebagai regulator yang berfungsi untuk menyuplai listrik ke dalam aki. Komponen ini berperan penting dalam proses pengisian aki. Kiprok pada bagian aki sndiri memang terkadang menjadi sinyal jika lampu mengalami ketidak stabilan pada sumber cahayanya berarti ada bagian yang rusak pada kiprok aki, supaya tidak merusak bagian inti lampu maka anda harus mengecek bagian kiprok terlebih dahulu.

6. Periksa komponen motor yang berhubungan dengan sumber listrik

Dan tips dan cara merawat aki yang terakhir berikutnya adalah, perhatikan motor yang berhubungan dengan energi listrik yang bersumber dari aki. Penggunaan energi listrik yang biasanya berlebihan pada penambahan asesoris sepertihalnya lampu hilogen yang tidak di sesuaikan dengan kapasitas enegrgi akan membuat aki semakin soak. Maka untuk mengatasinya anda perlu mencermati tekanan kekuatan aki jika tidak ingin aki motor anda cepat rusak.

Baca juga : 5 Motor Kawasaki Terbaru Di Indonesia

Jika di biasakan merawat aki motor secara geratur maka, aki motor anda tidak mudah rusak. Tips dan cara merawat aki motor yang kaami informasikan untuk anda rasanya tidak terlalu sulit. Namun banyak juga yang melalaikan salah satu komponen motor yang satu ini. Langkah-langkah tersebut merupakan cara yang ampuh agar aki motor anda tetap terjaga dan juga awet dalam jangka waktu yang cukup lama. Dan demikian yang dapat kami informasikan tentang Tips dan Cara merawat aki motor, semoga yang kami informasikan untuk anda dapat bermanfaat untuk anda.