Tips dan Cara Merawat Motor Bebek Agar Lebih Awet

Advertisement

Tips dan Cara Merawat Motor Bebek – Memiliki kendaraan bermotor memang sudah menjadi hal yang biasa bagia masyarakat Indonesia, pasalnya hampir seluruh masyrakat Indonesia sangat tergantung dengan kendaraan bermotor. Baik itu untuk menemani aktivitas setiap hari maupun juga kebutuhan-kebutuhan lainnya yang membutuhkan alat transportasi, selain mempersingkat waktu yang dibutuhkan alat trasnportasi juga sudah menjadi bagain dari hiduop sehari-hari. Untuk itu banyak masyrakat Indonesia yang harus merawat kendaraan bermotornya tetap memiliki performa yang kencang dan juga awet.

Seperti yang sudah sobat ketahui semua untuk pasar otomotif tanah air memang mengalami kemajuan yang sangat pesat, dimana telah terdapat banyak sekali produsen-produsen otomotif yang menghadirkan banyak motor-motor andalannya. Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenis-jenis motor yang sudah ada dan salah satunya jenis motor bebek, untuk jenis motor yang satu ini memang dari dahulu sudah menjadi pilihan hingga sampai sekarang. meskipun sekarang sudah banyak jenis-jenis motor yang lain seperti motor matic dan motor sport yang saat ini menjadi primadona bagis pecinta otomotif tanah air.

Namun juga masih banyak yang lebih memiliki untuk motor bebeknya, nah tentunya untuk merawat motor bebek agar lebih awet dan juga tahan lama. Sobat dapat simaka informasi tips dan cara merawat motor bebek yang nanti akan kami sampaikan, sebelum itu sobat perlu megetahui bila merawat motor bebek memang tidak sulit ko dan bahkan dapat dikatakan sangatlah mudah. Terutama motor-motor dari Yamaha, Suzuki, dan Honda. ketiga produsen motor tersebut selalu menghadirkan motor bebeknya yang sangat mudah untuk dirawat dan pastinya bandel dan tahna lama seperti slogannya pada salah satu produsen tersebut.

Advertisement

Tips dan Cara Merawat Motor Bebek

Tips dan Cara Merawat Motor Bebek

Tips dan Cara Merawat Motor Bebek

1. Hidupkan Mesin Setiap Hari

Tips dan cara merawat motor bebek yang pertama memang sangatlah mudah sekali untuk sobat lakukan yakni dengan cara menghdupkan atau memanskan motor setiap hari, sobat juga dapat dilakukan waktu pagi hari sebelum melakukan akyifitas sehari-hari. Hal tersebut memang sangat berpengaruh besar terhadap kondisi motor kesayangan sobat, sebab oli yang ada didalam mesin akan menyebar keseluruh bagian mesin-mesin sehingga motor dapat digunakan sewaktu-waktu dan yang pasti akan sangat mudah untuk dihidupkan. Oh iya, meskipun motor tidak akan dibawa kemana-mana sobat harus tetap rutin menghidupkan atau memnaskan motor dengan durasi 15 menit sampai 20 menit.

2. Service Secara Rutin

Advertisement

Lalu untuk tips dan cara merawat motor bebek selanjutnya yakni dengan cara service motor kesayangan yang dapat dilakukan di bengkel-bengkel resmi atau langgan sobat. Tips dan cara ini memang diharuskan minimal satu atau dua bulan sekali, agar motor sobat dapat diketahui bagian-bagian apa sajakah yang harus diganti atau juga ole mesin yang harus diganti. Selain itu juga untuk motor yang masih menggunakan karburtor juga perlu dibersihkan, agar proses pembakarannya lebih sempurna sehingga motor akan memiliki peforma lebih power full. Sobat juga dapat melihat kondisi bagian dalam mesinnya seperti ring seher atau kampas koplingnya, sebab bagain-bagian tersebut bila sudah mulai rusak akan sangat berpenagruh besar terhadap tenaga yang dihasilkannya.

Karburator

Karburator

3. Cek Kondisi Busi dan AKI

Untuk langkah selanjutnya dapat dilakukan sendiri dirumah, karena tips dan cara merawat motor bebek yang satu ini tidak membutuhkan peralatan yang lengkap yakni dengan cara mengecek kondisi busi dan akinya. Untuk sektor aki memang perlu mendapat perhatian lebih, sobat harus mengisi air aki bila akinya aki basah dan selain itu juga sobat harus membersihkan kerak-kerak yang terdapat pada akinya agar arus litriknya tidak terhambat untuk menyuplai beberapa bagian yang membutuhkan litrik. Kemudian sobat juga harus memriksa kondisi businya, apakah masih layak dipakai atau tidak. Biasanya kalau komdisi busi mulai tidak bagus akan memberikan efek yang tidak bagus buat motor yang sering mati sendiri dan susah untuk dihidupkan lagi.

4. Periksa Rem dan Rantai

Nah untuk bagian yang satu ini memang perlua sobat perhatikan sekali, untuk itu sobat harus mengecek kondisi remnya, apakah masih pakem atau kampasnya sudah muali tipis. Sebab bila kondi rem tidak optimal akan mengakibatkan kejadian cukup fatal, tentunya sobat tidak mau kan mengalami kejdian yang tidak di inginkan. Untuk menganti kampas remnya sobat dapat lakukan sendiri atau dibawa ke bengkel terdekat untuk menggantikannya. Tips dan cara merawat motor bebek yang satu ini memang harus sobat ingat, selain bagian remnya, untuk bagian rantai dan gear juga perlu diperhatikan loh. Sebab rantai semakin berumur akan mengendor dan businya juga akan menipis, untuk itu sobat harus mengganti dengan yang baru.

5. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Nah untuk tips dan cara merawat motor bebek yang terkahir yang abisa sobat lakukan ialah mengisi bahan bakar dengan kualitas tinggi, paling tidak sobat harus menggunakan pertamax. Sebab bahan bakar yang satu ini memiliki kualitas lebih bagus dibandingkan dengan bensin, sobat juga dapat mengisi dengan pertamax plus atau turbo. Sudah dapat dipastikan akan merasakan perbedaan yang sangat terasa jika menggunakan kedua jenis tersebut, selain memberikan tarikan yang lebih enteng, mesin motor juga akan menjadi awet dan tahan lama. Untuk harganya juga tidak jauh berbeda ko dari pertamax biasa dengan pertamax plus dan turbo, bagaimana ?? mau pilih yang mana ? dan semuanya memiliki kualitas tinggi loh.

Baca Juga : 5 Mobil Sport Murah dan Terlaris di Indonesia

Nah itulah tips dan cara merawat motor bebek yang sangat mudah untuk sobat lakukan dirumah maupun dapat dilakukan dibengkel yang perlu peralatan yang lengkap dan tips dan cara merawat motor bebek diatas juga sangat berpengaruh besar terhadap motor kesayangan. Adapun beberpa tips dan cara merawat motor yang perlu penangan dari sang ahlinya yakni pada tahap service, sebab langkah tersebut harus membuka dalaman mesin agar mengetahui kondisi mesinnya apakah masih layak atau harus diganti. Tetapi bila sobat rutin melakukan service pastinya tidak akan mengalami kerusakan yang parah, berbeda dengan motor yang jarang diservice.

Pastinya ada-ada saja yang harus diganti sparepartnya dan sobat juga gharus bersiap-siap untuk mengeluarkan uang yang cukup banyak. Untuk itu lakukanlah tips dan cara merawat motor bebek yang kami rekomendasikan diatas, agar motor sobat tidak merengek-rengek untuk masuk ke bengkel. Nah itulah yang dapat kami sampaikan, tips dan cara merawat motor bebek diatas juga sudah kami lakukan pada motor kami sendiri dan hasilnya juga sangat memuaskan loh. baiklah cukup sekian yang dapat kami sampaikan, semoga informasi Tips dan Cara merawat Motor Bebek Agar lebih awet dapat bermanfaat untuk sobat semuanya.